Thursday, August 10, 2006

Lightning Strike in Daylight!

Hadoooh.. Booo.... Pagi yang indah dan tenang ini harus dicemari dengan suara teriakan kaget gue yang membahana... "WHAAAAAAAAAATT???"

Okey, seperti biasa gue sampe kantor dalam keadaan kantor masih sepi, paling cuma ada 3-4 orang yang udah sampe duluan daripada gue. Seperti hari-hari lainnya, dateng ke kantor gue selalu browsing dulu, entah baca berita, email atau mencari kesibukan apapun *selain bekerja tentunya ;p*. Dan hari ini saat gue tengah asyik membaca-baca email, ada satu email yang menarik perhatian gue, subjectnya "Resepsi". Hmm.. Resepsi? Dari subject-nya aja, udah kecium bau-bau janur kuning nih tapi kok nama pengirimnya cowoknya temen deket gue yang setau gue belum ada kabar-kabar mau nikah. Jadilah makin penasaran gue dan gue bukalah email itu. Dan ternyata isinyaaaaaaaaaaa....
Dear prens,
untuk semua angkatan 2000,
ada undangan dari Putri Hena Intansari, tif 2001,
resepsi doi di ***** **** gatot subroto
tgl ** ** 2006
jam **-** wib

gw cuman nyampein aja, kalo mo jelas tanya aj ke doi, 0812******

best regards
adrian
[Demi privacy gue rahasiakan waktu dan tempatnya ;p]

Dan isinya telah membuat mata gue membelalak dan mulut gue menganga... Gue langsung mikir, "Putri? Putri 2001? Putri yang cantik itu? Putri-nya Priyo? Haah??" trus setelah gue pikir lebih jauh, gue sadar kalo gue ga tau nama panjangnya putri, jadilah gue telpon sahabat gue ini untuk konfirmasi.

Begitu diangkat gue spontan ngomong,

"Puuut.."
"Lhaa? Ini Tikaaa..."
"Ya ampun tik, sorry gue sampe salah ngomong. Gue sadar kok gue nelpon lo tapi saking shocknya baca email, gue sampe salah panggil. Sorry yah.."
"Hehehe iya, kenapa Say?"
"Tik, lo udah baca email???? Putri 2001 itu, Putrinya Priyo namanya Putri Hena bukan siih??"
"Gue gak baca email. Dan iyah, Putri namanya Putri Hena, kenapa Si?"
"Dia mau nikah yah tik? Serius??"
"Lo tau darimana?"
"Ini gue lagi baca email undangannya.." Dan gue bacain ke tika isi emailnya.
"Iya Si, gue tau dari Betty kemaren. Tapi gue kira, anak 2000 gak diundang.."
"Ooh jadi bener.. Putri yang itu... Nikah sama siapa? Sama Priyo?"
"Iyaah Putri yang itu tapi bukan nikah sama Priyo.. Gak tau deh sama siapa.."

Dan begitulah sekelumit percakapan antara gue dan sahabat gue.

Hmm.. Jadi bener, Putri itu mau nikah.. Hmmm.. Otak gue masih lamban memproses berita ini. Putri, putri yang gue kenal. Junior gue waktu kuliah, dia angkatan 2001 sedangkan gue 2000. Dari dulu dia memang cukup dikenal (apalagi di kalangan cowok-cowok :D). Selain karena parasnya yang cantik [dia putih, tinggi, langsing], dia juga dikenal pinter. Dan saat kita barengan tergabung dalam suatu organisasi mahasiswa, dia cukup sabar, rapih, telaten, baik dan lucu. [Hadooh.. banyak bener yang kelebihannya...] Udah gitu rajin Solat pula.. *Jadi inget postingan gue yang ini* Jadi pas-lah untuk dijadiin pendamping hidup, mungkin malah jadi idaman beberapa cowok. Tapii.. secara 2 bulan yang lalu gue baru ketemu sama dia, ngobrol-ngobrol dan dia sama sekali gak menyebutkan dia bakal nikah, kaget bangeeet gueee... Secara dia junior gue, secara terakhir kita ketemu dia gak ngomong apa-apa dan secaraaaaaaaa i'm turning 25 this year [insya Allah..]. It really feels like a lightning strike in this sunny daylight!

Haduuh.. undescribeable lah kekagetan gue dan alasan-alasan dibaliknya... Bukannya gak boleh yah kalo orang yang lebih muda nikah duluan, kan ga ada peraturannya, iya tooh? :D hehe Ya Alhamdulillah Putri ketiban rejeki duluan, diberikan jodoh duluan.. :) tapi gue tetep ga nyangka aja...

Melihat kejadian ini, gue jadi teringat percakapan gue dengan kedua orang tua gue beberapa hari yang lalu, saat gue mengutarakan kepada nyokap gue mengenai sejuta cita-cita gue.

"Iyah Buu... Aku kan nanti pengen kerja di sini, di situ.. Pengen kuliah S2.. Pengen ini, pengen ituuu..."
"Kamu ini gimana sih, kamu kan mau 25 tahun ini, kok ibu gak pernah denger kamu ngomongin nikah sih Teh.."

Dan Doweeenggg! Kaya ada batu sebesar meja niban kepala gue. Gue cuma diem, ngeliat nyokap gue, nyengir, terus gue kabur ke kamar. Nyokap gue yang tiba-tiba ditinggalin gue, cuma bengong. Mungkin mikir, "Anak yang sangat aneeh, diajak ngomong serius malah kabur..."

Setelah sekitar 10 menit mengurung diri di kamar, gue ngintip keluar, celingak celinguk, pas gue liat keadaan aman dari nyokap gue, gue lari ke musholla belakang, tempat kerja bokap gue. Bokap gue yang bingung ngeliat gue ngumpet-ngumpet kaya maling, langsung nanya.

"Kamu kenapa Teh?"
"Pah barusan aku ngobrol sama ibu.. bla bla bla..." dan gue ceritakanlah percakapan yang baru gue lakukan dengan nyokap gue.
"Jadi Pah, emangnya harusnya aku udah mikirin nikah yah Pah?"
"Emang perasaan kamu gimana?"
"Gak tau. Yah gimana yah, bukannya aku gak mau nikah, aku pengen banget nikah, bahkan dulu aku bercita-cita nikah umur 25. Biar pas anak aku besar, aku belum terlalu tua, malah jadi kaya kakak adik :D. Tapi untuk sekarang ini, kayaknya aku belum kepikiran. Bukannya gak kepikiran sih, lebih tepatnya gak kebayang aja kalo aku nikah. Kayaknya masih banyak yang harus aku lakukan, masih banyak yang aku mau. Aku belum punya apa-apa buat papah ibu, apalagi kalo nanti nikah.. Aku masih berasa, aku ini anaknya papah sama ibu, bukan calon istrinya siapaa gitu.."

Bokap gue yang udah cukup paham dengan sifat gue, cuma senyum-senyum aja, ditambah ketawa geli denger gue nyerocos. Trus beliau menjawab dengan tenang dan penuh kebijaksanaan.

"Teh, namanya nikah itu ibadah, sama aja kaya kamu solat, jadi gak bisa dipaksa. Kamu solat gak terpaksa kan?"
Dengan cepat gue menggeleng.
"Nah maka dari itu, nikah itu juga gak bisa dipaksa, karena itu ibadah. Tergantung kesadaran diri melaksanakan ibadah itu sendiri. Nah kalo ibu udah bicara begitu dan kamu udah merasa ada yang aneh sama diri kamu karena belum memikirkan nikah, kamu berdoa sama Allah, minta dibukakan kesadaran hati untuk melaksanakan ibadah menikah."

Daan hati gue jadi sejuk dibuatnya. Satu hal yang paliing gue sukai dari berbicara sama bokap gue ialah, beliau selalu punya jawaban rasional tak terbantahkan dari pertanyaan-pertanyaan gue yang harus gue akui kadang ajaib. Jadi seperti yang sudah gue ketahui sebelumnya, jodoh itu memang di tangan Allah, tapi kita harus tetep berusaha tooh?? Jodoh kan gak tiba "Pluk" jatuh dari atep kaya cicak. Tetep harus ada kesadaran dari dalam diri, niat untuk melaksanakan ibadah menikah. Dan kalau kesadaran itu belum ada, gue harus berdoa, agar kesadaran beribadah itu datang pada gue, yang hanya Allah yang tahu kapan saatnya.

Dan sekarang gue harus menguasai diri gue dari kekagetan gue dan mulai bekerja.. Wziiiggg....
Insya Allah cukup dengan doa, gak perlu lagi berasa kesamber geledek di siang bolong :D