Wednesday, January 24, 2007

Melayani dengan Hati!

Alkisah diri gue mau melakukan suatu pembayaran ke luar negri, ada dua buah pilihan, dengan credit card atau dengan bank draft. Pilihan gue langsung jatuh ke bank draft, meskipun gue gak ngerti sama sekali apa yang dimaksud dengan bank draft tersebut. Pilihan pertama langsung gak gue pilih karena gue gak punya credit card :P

Belakangan gue mengerti, bank draft itu ternyata semacam wesel. Dimana gue harus menuliskan nama institusi yang gue tuju, menyerahkan uangnya ke bank yang gue percaya, gue mendapatkan bukti wesel kemudian bukti wesel itu gue berikan ke institusi supaya dia bisa mencairkan uangnya di bank setempat. Pusing punya pusing, gue memilih bank yang merupakan badan usaha negara yang memiliki semboyan "Melayani dengan Hati" karena lokasinya paling terjangkau dan familiar dengan daerah-daerah peredaran gue sehari-hari.

Pertama kali gue ke cabang yang di kuningan. Disana, diri gue yang masih buta sama sekali tentang bank draft, mengikuti prosedur yang diharuskan. Gue ke CS-nya, sang CS memberikan slip bank draft yang harus diisi, kemudian gue ke tellernya untuk melakukan pembayaran, ohya CS-nya bilang untuk melakukan transaksi pembuatan bank draft dikenakan biaya Rp. 69.000;-, karena gue pikir standard bank tersebut, gue bilang "Oke". Pas sampe di teller, gue diberikan berita buruk. Uang yang gue berikan harus dalam USD atau IDR, padahal gue sudah menyiapkan mata uang negara yang gue tuju. Dengan sedih gue membatalkan transaksi, gue berkata "Oh begitu yah mbak.. Yaudah saya ambil uang dulu yah.." sambil menyesali perbuatan gue sebelumnya, yang sudah terlanjur menukarkan rupiah gue dengan mata uang negara yg gue maksud. Saat itu gue memutuskan untuk menunda maksud gue membuat bank draft, karena hari sudah menjelang sore.

Siang tadi, gue datang ke bank yang sama, tapi di kantor kas yang berada di lantai dasar gedung kantor gue. Karena merasa gue sudah tau harus berbuat apa, gue langsung menuju meja yang berisi slip-slip transaksi, memilih slip yang menyertakan checkbox bank draft, mengisinya, kemudian antri untuk bertemu teller. Sesampainya gue di depan sang teller, gue mengutarakan maksud gue, bahwa gue ingin membuat bank draft. Dengan kaget dia berkata "Waah mbak, kalo membuat bank draft ribet lho… kena charge sekitar 25 USD untuk konversi mata uang… blablabla" Gue gak sanggup denger kelanjutannya karena udah terlalu shock denger amount yang 25 USD itu. Lalu sang teller merajuk ke CS bank tersebut untuk melayani gue lebih lanjut. Bertatap mata-lah gue dengan sang CS, setelah mengutarakan maksud gue, dia meminta gue untuk menunggu sebentar, karena dia harus bertanya kepada koleganya yang lebih paham mengenai bank draft. Setelah menunggu beberapa saat, sang CS berkata bahwa kantor kas tersebut tidak dapat melayani pembuatan bank draft, gue dirujuk ke kantor cabang yang terletak beberapa gedung di sebelah gedung gue. Sang CS bilang, disana bisa melayani bank draft. (Lagi-lagi) dengan langkah lunglai gue keluar dari bank tersebut. Dalam pikiran gue ada dua kendala "Kenapa jadi 25USD yah? Perasaan di kuningan kemaren bilangnya 69ribu rupiah", satu lagi "Kenapa disini gak bisa yah? Kok sang teller gak bilang daritadi?".

Dengan semangat yang sudah pupus setengah, gue menuju kantor cabang yang diberitahukan sang CS. Memang benar, kantor tersebut lebih besar, beruntung sedang jam makan siang, jadi gue gak terlalu stuck di antrian yang panjang. Setelah menunggu sekitar 10 menit, nomer gue dipanggil, gue berhadapan dengan sang CS yang sangat ramah. Waktu gue bilang gue mau bikin bank draft, dia agak ragu, dia bilang transaksi bank draft harus sebelum jam 12. Namun temannya sesama CS berkata "Oh gapapa, yang sebelum jam 12 itu khusus untuk Canada." Huuuff leganya hati gue mendengar kata-kata sang CS tersebut. Akhirnya gue disuruh menunggu lagi. Ketika sang CS kembali, ia membawa sebuah slip isian bank draft yang difotokopi, kemudian ia mempersilahkan gue untuk mengisinya. Begitu melihat slip bank draft, lagi-lagi gue kaget dibuatnya "Kok slip-nya beda yah dengan slip yang diberikan di kantor kuningan?", tapi gue memutuskan untuk nyuekin dan dengan informasi-informasi sang CS ramah, gue isi bank draft tersebut. Setelah lengkap, gue dirujuk ke teller untuk melakukan pembayaran. Sang teller pun gak kalah ramah, pertama-tama ia berkata hal serupa, bahwa bank draft harus dilakukan sebelum jam 12, namun kemudian ia meralatnya, karena sang CS ramah sudah memperbolehkan sebelumnya. Sang teller meminta KTP gue, menyebutkan amount yang harus gue bayarkan, beserta biaya pembuatan bank draft tersebut. Belajar dari pengalaman sebelumnya, gue sudah menyiapkan uang sebesar 69ribu rupiah untuk membayarnya, dan you know whaaat? Ternyata sang teller berkata bahwa biayanya 35ribu rupiah saja ditambah 6ribu rupiah untuk materai. Huwahahahahaha masih dengan perasaan aneh gue membayar jumlah yang dituju, sambil terus bertanya-tanya, bank yang sama, standard yang berbeda? Cabang pertama berkata 69ribu, kantor kas berkata 25 USD dan ternyata hanya butuh 35ribu??? Huwhahahaha Benar-benar lelucon yang sangat tidak lucu. Bagaimana mungkin sebuah bank yang sama, dapat memiliki standard yang berbeda. Bahkan slip pembayarannya pun berbeda. Sang teller berkata paling lama 1 jam bank draft gue telah tersedia, jadi gue memutuskan untuk makan siang lalu kembali lagi. Namun 30 menit kemudian sang teller menelpon gue dan berkata, bank draft gue sudah selesai. Hanya dalam 30 menit dan biaya 35ribu + 6ribu rupiah saja!! Hahahahahaha

Kalau gue pikir, slogan "Melayani dengan Hati" itu pas sekali dengan kinerja yang ditampilkan bank tersebut. Tapi sayangnya, yang punya hati hanya cabang yang gue kunjungi terakhir. Cabang Gedung Metropolitan II, Sudirman, Jakarta.

Update:
Jadi kalau mau bikin bank draft juga, ada beberapa masukan dari gue:
  1. Jangan keburu menukar uang dengan mata uang yang dituju. Biasanya bank mau dalam bentuk Rupiah atau US Dollar, urusan konversi, serahkan pada Bank-nya.
  2. Kalo di BCA, butuh waktu 2 hari untuk membuat bank draft *ade gue udah nanya* sedangkan di Bank Mandiri cab Metropolitan II, hanya 30 menit saja.
  3. Bank Draft untuk ke Canada, harus dilakukan sebelum jam 11 siang kalau di Bank Mandiri.