Thursday, September 28, 2006

Me, Credit Card and Instant Lifestyle

Ehm.. Beberapa hari ini, gue ditelponin terus sama sales dari sebuah perusahaan kartu kredit. Segala macem alesan buat ngeles dari tawaran dia udah gue lakukan, mulai dari ada meeting 2 hari berturut-turut, bilang ada cuti 2 hari, sampe akhirnya gue nyerah, gue ngomong baik-baik, "Maaf untuk sekarang ini, saya belum mau buka kartu kredit". Asli gue ga enak banget pas harus ngomong kaya begitu, kesannya gue berhari-hari dah nyusahin dia, nelpon2x gue terus dengan harapan bisa ketemu, eh in the end, gue malah menolak. Mungkin dalam hati, dia udah ngomong "Kenapa gak bilang dari pertama ajaaaaaaaa!!" gitu kali yah, tapi mungkin juga gak, gue harus berbaik sangka, mbak-mbaknya baik kok :D Hehehehe

Sebenernya mendengar penawaran dia yang ini itu, gue tertarik banget, kayaknya program yang ditawarkan bagus. Gue jadi bisa dapat beberapa feature penghematan untuk pemakaian nomer HP gue karen provider jaringan HP gue yang bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit tersebut. Meski agak aneh juga, karena beberapa feature tersebut udah ada di nomer gue, tinggal di aktifin, tanpa join ke kartu kredit dia ;) hehehe

Kenapa akhirnya gue memutuskan untuk menolak tawaran mbak-mbak baik hati itu? Jawabannya simple, dari dulu gue ga percaya sama yang namanya kartu kredit. Bukannya gimana yah, tapi kayaknya memiliki kartu kredit malah akan menyusahkan hidup gue. Bilang aja gue kuno ;) tapi gue bener-bener males punya kartu kredit. Kenapa begitu? Karena gue mengenal diri gue sendiri, karena gue tau gue ga bisa nge-rem keinginan gue untuk belanja, apalagi kalo ada penawaran Buy 1 Get 1 Free atau Discount 50% dari kartu kredit itu.. Mana Tahaaaaaaaaan... Yaps, gue kayaknya termasuk recreational shopper, which is belanja tanpa perencanaan, hanya mengikuti tipuan mata dan nafsu pribadi belaka ;) Hahahah no wonder, I often broke at the end of the month :D Tapi gue selalu mikir, mending beli barang pake kartu ATM atau uang cash, karena yang gue pake adalah "uang gue sendiri", bukan "uang orang lain yang harus gue balikin di akhir bulan" ;) Hehehe

Speaking of shopping with credit card, gue jadi inget percakapan penting gak penting gue dengan sahabat gue ini tentang perbedaan orang jaman dulu *jaman orang tua kita.red* waktu seumuran kita dan kita-kita sekarang ini. Kesimpulan percakapan gue dan sahabat gue ialah, perbedaan antara kedua generasi tersebut terletak dari kesadaran berbelanja. Kalau orang dulu, kalau gak punya duit, yah ga belanja, mereka kerja keras untuk nabung sampe akhirnya sanggup untuk beli barang yang mereka mau *meski itu hanya sepatu, baju atau tas*. Nah kalo orang jaman sekarang? Nabung belakangan deh, yang penting gaya ;) Heheheh Sehingga rela-rela aja tuh gosak-gesek kartu kreditnya sampe ratusan ribu bahkan jutaan cuma untuk baju, tas, sepatu yang lagi trend misalnya. Kayaknya tumpukan tagihan dan kepailitan yang mencekam di akhir bulan gak terlalu dipikirin. Padahal kan hutang bikin hilangnya kemerdekaan karena kita terikat suatu kewajiban lhooo... Kata Kahlil Gibran "Hidup tanpa kemerdekaan bagaikan Tubuh tanpa Jiwa" jadi kebayang deh gimana ketar-ketir, was-was di akhir bulan saat tagihan kartu kredit membludak ;D hehehe Padahal baju, tas, sepatu trendy yang dibeli mungkin gak akan tahan sampe 3 bulan saja, sedangkan tagihannya? OuoOOo.. belum tentu lunas dalam 3 bulan ;) hehe

Selain itu, perbedaan antar dua generasi terletak pada kesabarannya. Kalau jaman orang tua kita, mereka sabar nunggu 10 tahun kerja untuk mencapai lifestyle tertentu, kalau orang jaman sekarang mau-nya instant. Mereka cenderung pengen gaya hidup yang dimiliki orangtuanya yang didapat dengan 10/20 thn kerja, terjadi sekarang juga. Padahal ada aja yang baru mulai kerja atau belum kerja sama sekali :D Kayaknya orang tua kita pas seumuran kita, lebih sabar, lebih menikmati proses daripada jaman sekarang yang mau serba instant dan terjadi sekarang juga. Padahal, bayi aja belajar merangkak, jalan, baru lari kan? :D

Gue sendiri sih bukannya ga setuju 100% sama penggunaan kartu kredit atau skema kredit lainnya. Kalau kreditnya untuk beli barang-barang pokok yang mahal banget dan nabungnya kelamaan, yah kredit aja. Contohnya rumah, mobil, TV, kulkas, dll. Dengan catatan, seperlunya :D Jangan TV udah 5, masih kredit, mobil udah 7, masih kredit, yah sama aja, di akhir bulan pasti akan kebakaran jenggot juga :D Kredit yang kaya gitu-gitu mungkin masih mau gue jalanin, tapi kalo kredit untuk beli baju yang cuma akan bertahan 3 bulan, kayaknya mending gue menyisihkan sedikit uang gaji gue deh :D Hehehe Kecuali lagi, kalo gue tipe orang yang sering travelling, baik ke luar negri atau keluar kota, mungkin penggunaan kartu kredit akan terasa berguna, karena praktis dan aman, daripada bawa uang cash/ATM, ya tooh?? :D

Jadi.. Buat mbak-mbak atau mas-mas sales yang mungkin membaca ini, bukannya gue atau orang-orang yang menghindar dari penawaran kartu kredit mbak atau mas itu, sebel sama mbak/mas lhoo.. Tapi lebih ke kesadaran gue bahwa gue memang gak pinter mengatur keuangan. Jadi lebih baik gak sama sekali, daripada harus menjalani hidup laksana tubuh tanpa jiwa :) Heheh