Thursday, October 12, 2006

Hari-hari di Tanjung Barat Part#4: Ramadhan = Puasa, Taraweh & Uang Ramadhan

Kalu mencoba mengingat Ramadhan di masa-masa kecil saya, satu dari sekian hal yang paling saya ingat adalah mengenai enin -nenek- saya. Saya selalu ingat waktu saya kecil dulu, untuk sehari saya dan sepupu-sepupu saya puasa, saya dapat 1000 rupiah dari Enin dan 500 rupiah untuk setiap solat taraweh. Sejujurnya itu bukan motivasi saya untuk berpuasa atau taraweh, tapi selalu ada cerita lucu di saat "uang ramadhan" itu dibagikan. Entah pengakuan malu-malu karena bolong puasa atau pengakuan sok gak mau ngaku karena gak taraweh :D Hueheue tapi seingat saya, masa kecil dulu semua anak-anak selalu senang solat taraweh di mesjid. Seneng ketemu bareng, dan teriak kenceng-kenceng "Amiiiin" setiap imam habis baca Al-Fatihan *ini berlaku untuk anak2x cowok* ;) Huehueue tapi Alhamdulillah, saya dan geng Metallica Kids bukan tipe-tipe yang suka main petasan atau paling gak, gak main petasan berlebihan... Secara kita juga suka di omelin sama enin kalau main petasan, karena enin udah tua, takut kaget dan ada Oma *tetangga saya, nenek2x juga* yang kasihan kalo suruh kaget-kaget denger petasan.

Kalau sepupu-sepupu saya sedang tidak taraweh, saya taraweh di mesjid dengan ade saya dan mbak-mbak di rumah. Di mesjid saya temukan teman solat baru yaitu Amelia dan Shalika *kakak adik, satu sekolah sama saya, tetangga juga*. Kita ketemuan di mesjid, solat bareng di spot yang selalu sama. Dulu kita sering banget solat taraweh sama-sama, sampe suatu kali Amelia marah *memang dasarnya saya dan adik saya banget*, karena sewaktu dia solat, saya dan adek saya mengikat mukena dia dan mukena adenya menjadi satu, hingga dia susah ruku dan sujud :(. Waktu itu Amelia marah dan bilang "Saya gak mau lagi solat taraweh bareng kamu!" lalu dia pergi dan menggandeng adeknya. Saya sedih sekali waktu itu, sampai sekarang saya masih merasa sedih kalau mengingatnya, maafkan saya yah Amel & Shalika.. :( Setelah kejadian itu, kami gak pernah solat taraweh bareng-bareng lagi dan saya selalu solat taraweh berjamaah di rumah nenek saya..

Setelah proses hitung-hitungan pas malem takbiran, biasanya saya dapet uang sekitar 45ribu dari nenek saya, jumlah yang cukup besar untuk anak seusia saya waktu itu, kalo sekarang sih udah meningkat jadi 100ribu ;) Huehueue bener-bener murah hati memang Enin, tapi malu juga udah segede gini masih dikasih, harusnya kan kebalik, saya yang kasih Enin ;P.. Tradisi hari lebaran ialah kumpul di rumah nenek saya, maaf-maafan dan pembagian uang ramadhan itu tadi :D setelah itu sekeluarga besar akan ziarah ke Bogor, ke makam Engki -kakek saya- dan Mang Dade - almrhum ayahnya mas abi dan de nia-. Satu jenis lauk yang selalu ada pas bulan Ramadhan adalah semur lidah bikinan Enin. Itu satu-satunya lauk yang selalu ditunggu-tunggu, pernah suatu kali Enin gak masak lidah, semua penonton langsung kecewa ;) Hehehhe padahal kalo dipikir-pikir, kasihan juga Enin masaknya, begadang sampe jam 2 pagi cuma buat masakin kita semua... Enin memang paling baik :)

Seluruh adventure hari lebaran selalu berakhir di sebuah restoran Sunda di perjalanan pulang dari makam di Bogor, namanya apa Kuring gitu, lupa... seingat saya restoran Sunda selalu pake nama Kuring :D entah apa artinya.. Hihihihi.. Mungkin restoran itu cuma buka setahun sekali, saat Ramadhan untuk menampung tamu-tamu kagetan kaya kita ;D Huehuee karena restoran itu selaluuuu rame setiap kita kesana...

Well itulah memori saya selama ini mengenai bulan Ramadhan, selain ibadah spiritual yang saya jalankan :) mudah-mudahan tahun ini saya dan sekeluarga besar mendapatkan rejeki masih bisa berkumpul sama-sama. Dan semoga kita semua mendapat berkah Ramadhan dan dimasukkan dalam golongan orang-orang yang bertakwa.. Amiin ya Robbal 'Alamiin :)