Monday, October 16, 2006

GMHR, Berkat Ramadhan & RS Kangker Dharmais

Seperti biasa, untuk mengisi perjalanan berangkat gue ke kantor yang menghabiskan waktu hampir 2 jam *Yes! 2 jam! Thanks to pembangunan busway yang serentak dimana-mana*, gue selalu mendengarkan radio favorite gue, apalagi kalau bukan Hard Rock FM. Nah kalau pagi, acaranya itu namanya GMHR (Good Morning Hard Rockers), gue dengerin dari jamannya Indy-Farhan, Melani-Yossi, Melissa-Bram sampe sekarang Pandji-Steny. Di setiap bulannya, selalu ada acara-acara khusus gitu di GMHR dan bulan ini, karena bulan Ramadhan, GMHR menghadirkan satu sessi khusus namanya Berkat Ramadhan, berbagi kasih di bulan Ramadhan.

Apa sih sessi Berkat Ramadhan itu?

Jadi acara ini, mengangkat cerita tentang anak-anak berumur 0-14 tahun yang di vonis kangker, yang sedang dirawat di RS Kangker Dharmais. Setiap waktu, ada cerita mengenai seorang anak yang diangkat. Pertama kali gue denger, cerita yang diangkat ialah cerita seorang (almarhum) Reza *kalau gue gak salah inget* yang menceritakan tentang kesehariannya disana, sayang sekali malam setelah rekaman suara itu dibuat dan diputarkan di Hard Rock FM, Reza meninggal dunia :( Di lain kesempatan, diputar rekaman dari seorang anak bernama Windy, yang kalau didengar dari suaranya ia seperti anak-anak kecil lainnya, polos, ceria dan tanpa beban. Dalam rekaman suara itu Windy digambarkan sedang sibuk mewarnai gambar bersama gurunya, saat ditanya warna strawberry apa, dengan lantang ia berkata "Meraaah" lalu asyik menggambar lagi. Belakangan penyiarnya bilang kalau ternyata Windy memiliki tumor di bagian keningnya hingga menutupi matanya, akibatnya ia menjadi susah melihat, bahkan mungkin gak melihat sama sekali. Gue kaget banget, sangat berlawanan dengan kenyataan dia tetap ceria dan sanggup menjawab warna strawberry adalah merah padahal Windy kecil sama sekali sulit atau bahkan sama sekali tidak bisa melihat.

Menurut informasi dari pihak RS Kangker Dharmais, setiap anak yang mengidap kangker membutuhkan biaya sekitar Rp. 50juta-Rp. 100juta rupiah, sebuah angka yang sama sekali tidak kecil, apalagi kebanyakan orang tua dari anak-anak pengidap kangker ini hanyalah tukang becak, tukang bangunan, dll. Kebayang gak sih gimana beratnya sehari-hari untuk mereka? Saat dana mepet tapi gak sampai hati melihat buah hatinya menderita... :( Hiks..

What Can we Do?

Miris banget kan dengernya? Rasanya pengen banget bantu, tapi kalo liat jumlahnya yang 50juta pasti langsung mikir "Ya Allah... Darimana dapet uang sebanyak itu?". Mau bantu juga gak punya uang sebanyak itu. Nah maka dari itu, GMHR mengajukan beberapa cara kalau kita mau membantu anak-anak di RS Kangker Dharmais ini. Cara-cara tersebut ialah:
  1. Dengan menjadi Relawan.
  2. Pilihan ini cocok untuk orang-orang yang punya waktu luang tapi gak punya kelebihan uang. Misalnya gaji kamu sebulan 1.5 juta trus kepake semua untuk hidup kamu, tapi kalau sabtu kamu ada waktu luang alias gak kemana-mana, silahkan main-main ke bangsal anak di RS Kangker Dharmais ini. Meski menurut kamu itu adalah hal sepele, namun menurut Contact Person Relawan di RS Kangker Dharmais yang bernama Raden, kehadiran relawan-relawan untuk sekedar mengajak main, mendengarkan mereka curhat, dll sudah banyak membantu si anak sakit maupun keluarganya. Karena untuk beberapa saat mereka dibuat lupa akan cobaan yang sedang dihadapinya.

  3. Dengan menjadi Donatur.
  4. Pilihan ini cocok untuk yang punya sedikit kelebihan uang, tapi gak punya banyak waktu luang. Kamu bisa ikutan bantu dengan uang ke rekening:

    Bank Mandiri Cabang RS Kangker Dharmais
    No Rekening : 1160004934908
    Atas Nama : Lukitowati

    Berapapun uang yang bisa kamu sisihkan, coba aja kirim kesini, kalau ada 100 orang aja yang nyumbang Rp. 50ribu rupiah, kan udah Rp. 5juta rupiah, lumayan banget. Dan kalau kamu khawatir kenapa no rekeningnya atas nama pribadi, kamu bisa kok minta laporan keuangannya tiap bulan :) jadi kamu tau uang kamu lari-nya kemana... :)

  5. Dengan menjadi Communicator.
  6. Nah ini cocok buat yang gak punya waktu luang dan mungkin juga gak punya kelebihan uang tapi punya temen yang buanyaaak bangeeet.. Nah dengan jadi communicator, kamu bisa bantu cerita tentang keadaan disana, kemana harus nyumbang, relawannya siapa yang bisa di telpon.. Gitu... :)

Buat yang tertarik, contact person relawannya namanya Raden, bisa ditelpon di:

Raden : 081311383600

Tempat anak-anak ini dirawati di:

Bangsal Anak RS Kangker Dharmais
Lantai 4.

Atau kalau mau nyumbang, sekali lagi nomer rekeningnya:

Bank Mandiri Cabang RS Kangker Dharmais
No Rekening : 1160004934908
Atas Nama : Lukitowati

Oke deh, begitu aja, Selamat Berbagi Kasih di Bulan Ramadhan... :)