Wednesday, June 21, 2006

Udang Goreng Mayonaise

Pertengahan minggu kemarin, minimanimu merayakan hari ulang tahunnya. Sebagai kado dan kejutan, saya membuatkannya salah satu makanan kesukaannya, udang goreng mayonaise :) [padahal saya gak bisa masak, asli deh.. cuma bisa masak telur + mie instant aja. nekat yah.. ]


Jadilah saya browsing mencari resep Udang Goreng Mayonaise. Diantara beberapa resep yang mirip satu sama lain, saya memilih resep ini karena paling simple bahan-bahan dan cara pembuatannya.






Bahan :

250 gr udang ukuran sedang, kupas kulitnya, belah punggungnya
3 sdm mayonnaise
1 sdm susu kental manis
100 gr tepung serba guna (bisa juga menggunakan tepung maizena)
2 butir telur, kocok lepas
garam secukupnya
merica secukupnya
minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

1. Campurkan mayonnaise dengan susu, sisihkan.

2. Bumbui udang dengan garam dan merica, diamkan 15 menit. Celupkan udang satu persatu ke dalam telur kocok, lalu gulingkan diatas tepung serba guna hingga semua permukaan udang tertutup tepung. Celupkan kembali udang berbalut tepung ke dalam kocokan telur dan gulingkan kembali ke dalam tepung serba guna. Lakukan kembali utk satu persatu udang yang ada. Goreng udang tepung hingga matang, angkat dan tiriskan.

3. Panaskan wajan bersih, masukkan campuran mayonnaise dan udang goreng tepung. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Angkat dan sajikan selagi panas

Waktu memasaknya sendiri cukup singkat, hanya sekitar 30 - 45 menit. Dari pengalaman saya memasak udang goreng mayonaise tersebut, saya lebih menyukai bila tepung yang digunakan ada Tepung Serbaguna merk Royco karena lebih kering dan crunchy :)

Ohya, saat mencelupkan udang ke tepung setelah mencelupkannya ke dalam kocokkan telur, pastikan tidak ada tetesan telur yang menetes ke tepung atau tangan anda yang belepotan telur masuk ke dalam tepung, karena akan membuat tepungnya menggumpal dan tampak jelek melapisi udangnya.

Dan terakhir, pada tahap 3 ditulis bahwa udang & campuran mayonaise dimasukkan pada wajan bersih yang sudah dipanaskan, ketika saya mencobanya udang saya menjadi agak hitam-hitam seperti gosong ;p meski rasanya lebih menyerap dan enak. Jadi kalau anda mengutamakan tampilan, lebih baik melewatkan tahap terakhir. Cukup tuang saus mayonaise ke udang goreng atau cocolkan udang ke dalam saus pada saat memakannya...

Saat saya menulis postingan ini dan menanyakan pendapat minimanimu mengenai udang gorengnya, dia menjawab

"minimanimu : enaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak
minimanimu : minggu ini bikin lagi yaaaaaaaaaaaaaaaaaah sayaaaaaaaaaaaaaang"

Padahal saat pertama kali ia mencoba, ia berkomentar:

"minimanimu : Lumayan juga beib, buat pertama kali masak :D"

Hehehehhee... Senangnya hati saya, hadiah saya berupa masakan pertama saya diterima dengan baik olehnya ;p

Happy Birthday mini!

:)