Wednesday, June 07, 2006

Antara Sakit Maag & Keinginan menjadi Kurus

Sakit. Perut gue sakit. Sepertinya maag gue kambuh. Sebelumnya gue berpikir kalau sakit bisa bikin cepet kurus, sekarang gue menyesal pernah berpikir demikian karena sakit itu gak enak, bikin serba salah. Seperti yang gue alami sekarang, serba salah dengan perut gue yang sedang terserang maag ini. Kalo lagi laper dan dibiarkan laper, perut gue jadi perih. Tapi kalo gue masukin makanan dan terlalu kenyang, perut gue jadi kembung, begah dan berasa mau muntah. Semua serba salah, gak se-simple biasanya. Laper tinggal makan, kenyang berhenti makan. Selain itu, sore ini saat biasanya gue jajan sama temen kantor gue, gue cuma bisa ngeliatin doang. Mau ikutan pesen jus strawberry, takut asem dan bikin sakit perut. Mau ikutan pesen siomay, bisa lebih jungkir balik lagi akibatnya pada perut gue. Akhirnya gue jatuhkan pilihan netral, susu.

Sebenarnya sudah terbilang jarang gue kena serangan maag, gak seperti jaman gue SD dan SMP dulu. Sekarang udah hampir gak pernah kena maag, gak tau nih kenapa tiba-tiba sakit lagi.

Kalau gue kilas balik masa lalu gue dan mereka-reka apa kira-kira penyebab awal gue bisa kena penyakit maag, maka gue harus memutar waktu kembali ke saat gue masih duduk di bangku SD.

Mungkin gue satu-satunya anak SD sakit jiwa yang ada di dunia ini, karena pada saat SD gue udah berdiet dan takut gemuk! Hah! Saat anak-anak lain bebas makan sesuka hati, gue membatasi asupan makan gue dengan alasan takut gemuk dan jerawatan! Please deh, anak SD gitu! Gue masih inget pas gue kelas 5 atau 6 SD gitu, gue gak mau minum susu [menurut nyokap gue, gue udah menolak minum susu dari umur 2 tahun], gak mau makan keju, telor dan kacang. Susu dan keju gue hindari karena takut gemuk, sementara telor dan kacang gue hindari karena gue takut jerawatan.

Dulu pas SD, saking terobsesinya gue untuk kurus [padahal waktu kecil asli gue keciil banget. Pendek + kurus, sampe nyokap dimarahin dokter yang bilang gue kurang gizi ;p] gue jadi ogah sarapan. Bisa di hitung deh banyaknya gue sarapan pagi. Pernah ada suatu kejadian di suatu Senin pagi. Kalo masih inget, dulu waktuSD kan setiap Senin pagi kita harus menghadiri upacara sekolah, saat yang entah kenapa gue sukaaaa banget hadiri pas gue SD. Nah pada pagi itu seperti pagi yang lainnya gue gak sarapan. Dan pagi itu, hanya pagi itu, ada kejadian yang bikin gue teringat sampai sekarang. Pagi itu adalah pagi dimana gue hampir pingsan! Pertama kalinya gue merasakan berada di ambang kesadaran dan ketidak sadaran. Semua yang gue lihat warnanya udah coklat muda burem gitu, vintage abis, persis kaya efek sephia di camera. Tapi dulu gue gak sadar kalo gue mau pingsan. Badan gue udah keringet dingin dan pengelihatan gue udah blur. Untungnya gue ga sampe pingsan beneran, gue bertahan sampe upacaranya selesai dan gue kabur ke ruang kesehatan buat minta teh manis panas. Gue rasa, ketidaksukaan gue akan makan inilah yang mengawali penyakit maag gue.

Obsesi menjadi kurus ini berlanjut sampai gue SMP. Dulu badan gue kurus banget. Tinggi antara 146-150 cm, sementara berat gue cuma 39 kg. Pas jam istirahat gue gak mau makan, jam makan siang pun gue jarang jajan. Mending makan di rumah deh...Tapi entah bagaimana, berat badan gue mampu mencapai 41 kg di akhir masa SMP gue dengan tinggi badan 151 cm.

Masa SMA gue gak terlalu dihantui oleh rasa takut gemuk. Karena semenjak gue kelas 3 SMP, gue ikutan club softball "Prambors" yang menjadikan berat badan gue tetap stabil meski makan banyak, karena gue banyak lari, banyak olahraga. Masa-masa inilah gue merasa badan gue lagi sehat-sehatnya dan gue mulai mengenal "makan banyak", bukan "makan-dikit-takut-gemuk" kaya dulu lagi.

Tapi sayangnya jadi keterusan ;p hehehe gue jadi doyan makan sampai sekarang. Berubah jadi mahluk rakus yang doyan makan apa aja. Gue doyan banget keju, suka minum susu, ngiler kalau liat telor belado dan gak anti sama bumbu kacang yang ada di gado-gado atau siomay. Sekarang malah kaya burung lepas yang hilang kendali, makanan apa aja dihajar, gak ada batasan, kecuali kalo yang gak halal ;p kadang gue berharap gue kaya dulu, agak milih-milih dalam memakan,mungkin gue akan bisa kurus, gak gembil dan perut tower of hanoi kaya sekarang ;p hehehe tapi memang lain bulu lain belalang, lain dulu lain sekarang...

Dan lebih parahnya, gue udah berhenti softball! Dulu sih jaman SMA dan awal kuliah, masih rajin main golf didriving range, main bowling tapi sekarang?? Boro-boro, paling cuma main badminton di sebelah rumah aja sama adik gue... :)

Kebiasaan makan ini berlanjut sampai gue kuliah dan kerja. Karena dulu pas kuliah masih banyak gerak, jalan dari satu gedung ke gedunglainnya, badan gue gak melar-melar banget kaya sekarang pas kerja. Sekarang kerjaan gue cuma : jam 9.00 sampe kantor, duduk di belakang meja sampejam 6.30an, abis itu pulang. Gak gerak, gak olahraga, numpuk deh tuh semua lemak di perut gue! :( huhuhu sedihnya...

Melihat perut gue yang bikin stress inilah yang mendasari gue untuk sok-sok diet lagi minggu kemaren, dan hasilnya, apakah kurus yang gue dapatkan? Tidak saudara-saudara, melainkan sakit maag yang menyerang kembali, yang akhirnya membuat saya menulis tentang sakit saya sekarang ini, yang sedang anda baca ini dan menceritakan cerita gak penting tentang analisa awal mula saya memiliki penyakit maag ini.

Dan kalau melihat postur tubuh gue yang hanya 151 cm, mungkin gak doyan makan yang gue lakoni waktu SD ini yang membuat gue gak tinggi-tinggi ;p andai saja gue dulu banyak makan dan olahraga semasa kecil, mungkin sekarang saya sudah tumbuh semampai [se meter tak sampai ;p] hihihihihi

Pokoknya sakit itu gak enak rasanya dan untuk sehat memang mahal [pulang kantor ini gue harus ke dokter, mahal kan? ;p ]. Jadi jaga baik-baik kesehatan anda, sebelum menyesal seperti gue... :)