Sunday, May 28, 2006

Yogyakarta

Bagi seorang yang tidak sering bepergian keluar kota seperti saya, Yogyakarta terasa asing bagi saya. Meskipun di kota itulah tempat ibu saya menghabiskan masa kecilnya namun sejauh yang bisa saya ingat, saya hanya 2 atau 3 kali sempat mampir kesana. Sayang sekali, saya tidak mengenal kota ini lebih mendalam.

Yogyakarta, meski bukan ibukota dan saya hanya mengenalnya dari beberapa tulisan pada blog orang-orang yang berasal dari Yogya, namun saya selalu mendapat kesan yang baik tentang kota ini. Kota pelajar, banyak orang bilang, saya sependapat karena banyak saya temui orang-orang pintar dan cerdas berasal dari kota ini. Banyak blogger asal Yogya yang memiliki kreativitas tinggi dan tulisan atraktif yang saya temui. Dan kesan itulah yang selalu melekat pada diri saya, Yogyakarta tempatnya orang-orang pintar berada, tempat yang kaya akan kebudayaan, makanan dan kreatifitas.

Sabtu pagi, 27 May 2006, berita duka menyapa telinga saya. Yogyakarta, kota yang tak sempat saya kenali secara mendalam telah diguncang gempa. Hanya 57 detik dan gempa itu mampu meluluhlantahkan sebagian besar kabupaten di kota Yogyakarta. Subhanallah, begitu besar kuasa Allah...

Saya rasa, tidak bijaksana bila dikatakan bahwa ini hukuman dari Allah SWT. Karena saya yakin, banyak orang baik berada disana. Apakah mereka juga dipandang pantas mendapatkan hukuman? Lagipula Allah SWT itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ia takkan menganiaya mahluk-mahluk yang dikasihiNya...

Mungkin ini hanya cobaan, hanya ujian, hanya tempaan bagi keimanan kita. Apakah setelah kejadian ini, kita akan berpaling dari kekuasaanNya atau akan memperkuat keimanan dan keyakinan kita akan kebesaranNya dan semakin menyadari bahwa ada diriNya diatas segalanya..

"Ya Allah Ya Tuhan kami...

Ampunilah dosa-dosa dan kesalahan kami...

Ya Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang..

Apabila cobaan yang kau timpakan kepada kami, merupakan akibat dari perlakuan kami, maka maafkanlah kami... ampunilah kami ya Allah... Sayangilah kami...

Apabila cobaan yang kau timpakan kepada kami merupakan ujian akan keimanan kami, maka sungguh kami beriman kepadaMu ya Allah, pada kebesaranMu dan kepada kekuasaanMu...

Ya Allah, terimalah amal ibadah saudara-saudara kami. Tempatkanlah mereka di sisiMu ya Allah.. ampunilah dosa-dosanya ya Allah... sayangilah mereka Ya Allah...

Ya Allah.. Sesungguhnya hanya kepadaMu lah kami memohon dan hanya kepadaMu lah kami berlindung...Dan hanya kepadaMu lah sebaik-baiknya tempat kembali...

Amiin..."

* Duka dan doa saya, bagi seluruh korban gempa Yogyakarta