Tuesday, May 23, 2006

Hoax

DAFTAR OBAT DILARANG - SURAT KEPUTUSAN BADAN POM

DIKUTIP DARI SURAT KEPUTUSAN BADAN PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN (BPOM)REPUBLIK INDONESIA

Dengan ini diberitahukan bahwa produk-produk berikut ini
" TIDAK BOLEH DIKONSUMSI " oleh siapapun dalam wilayah hukum RepublikIndonesia:
1. OBAT PARAMEX, PRODUKSI PT. KONIMEX
2. OBAT INZA, PRODUKSI PT. KONIMEX
3. OBAT INZANA, PRODUKSI PT. KONIMEX
4. OBAT CONTREX & CONTREXYN, PRODUKSI PT.TEMPO SCAN PACIFIC
5. HEMAVITON ENERGY DRINK, PRODUKSI PT.TEMPO SCAN PACIFIC
6. HEMAVITON ACTION, PRODUKSI PT. TEMPO SCAN PACIFIC
7. BODREX & BODREXYN, PRODUKSI PT.TEMPO SCAN PACIFIC
8. NATUR E, DIEDARKAN OLEH PT. WIGO HOSLAB
9. SUPER TETRA, DIEDARKAN OLEH PT. WIGO HOSLAB
10. STOP COLD, DIEDARKAN OLEH PT. WIGO HOSLAB

Alasan:
1. Jumlah Prosentase PPA-nya lebih dari 15%
2. Telah terjadi bencana kematian sebanyak 13 orang di Cianjur, 2orang di Palangkaraya, 15 orang di Palu, dan 20 orang di Jayapurakarena meminum obat-obatan diatas.
3. Obat-obatan di atas mengandung racun yang amat berbahaya bagiproduksi reproduksi tubuh manusia dalam hal ini kualitas sperma dankualitas sel telur.
4. Obat-obatan diatas tidak bisa dikembalikan kedistributor/pabriknya bila rusak dan itu berbahaya bagi pembeli yangmengkonsumsinya.
5. Obat-obatan itu telah diproduksi secara tidak higienis dipabrik-pabriknya.
Demikian pemberitahuan kami. Sekian dan terimakasih.

Drs. H. Sampurno, M.B.A.
Kepala Badan POM
=========================
Waktu pertama terima bacaan ini di email, tadinya saya mau melakukan aksi yang biasa saya lakukan, memforward email tanpa menge-cek kebenarannya. Namun kali ini, saya iseng untuk mencoba mencari kebenarannya [Padahal tidak satupun obat yang disebutkan diatas merupakan obat yang sering saya minum]. Saya block tulisan "Drs. H. Sampurno, M.B.A." dan saya jadikan keyword untuk searching di google, and voila! saya temukan berita-berita yang berhubungan dengan beliau [Ternyata beliau memang Kepala Badan POM, tadinya saya pikir yang pertama kali mengirim email ini hanya mencomot nama orang asal-asalan saja ;p ]. Salah satu isi berita yang berhubungan dengan beliau, ternyata match dengan berita diatas, ini linknya.
Ternyata berita tersebut hanyalah sebuah Hoax, bohong belaka ;) hehehe kalo dipikir-pikir, Internet itu media yang sangat baik untuk menyampaikan suatu berita yah, tanpa diketahui kebenarannya. Karena penyampaian melalui Internet berlangsung cepat, menyebar luas dan yang penting GRATIS! Tidak ada biaya untuk mengiklankan sesuatu atau menjelekkan suatu instansi, menyebarkan berita bohong ;) hehehehe
Pelajaran yang baik untuk saya, lain kali harus merubah kebiasaan dari membaca-forward email menjadi membaca-periksa-forward kalau benar & bermanfaat atau membaca-periksa-delete kalau ternyata bohong dan merugikan ;p hehehehe