Monday, January 23, 2006

Falling in Love is Easy

Chika dan Adhist, duduk di sofa empuk sebuah coffee shop terkenal di Jakarta. Mereka janjian ketemuan di coffee shop tersebut setiap rabu, sepulang kantor. Hari ini Chika memesan Caramel Macchiato kesukaannya, seperti biasa. Sementara Adhist memilih Hot Chocolate. Hujan masih mengguyur Jakarta dengan derasnya. Mereka memilih duduk agak di sudut, dekat kaca yang menghadap keluar dan satu line of sight dengan pintu masuk coffee shop tersebut, spot favorit Adhist. Sambil menyeruput minuman panasnya, Adhist memulai kebiasaannya, memperhatikan orang-orang sekitar dan menebak profesi serta kehidupannya kira-kira seperti apa. Ia sangat menyukai hobynya yang satu itu, menebak kehidupan orang dan mengarang masa depan mreka, sementara Chika heran apa asiknya, ia pikir hanya membuang waktu.

“Chik, liat deh pasangan yang baru masuk itu.”

“Yaps.. Emang kenapa?”

“Menurut lo, apa bedanya sama pasangan yang di belakangnya tuh, yang baru mau masuk juga?”

“Bo’ penting yah? Hmm.. Pasangan pertama cowoknya ganteng sementara yang kedua cowoknya biasa aja.”

“Duuh.. Asal banget sih lo… Serius dikit dong… Perhatiin deeh…”

“Mending lo langsung kasih tau gue, daripada gue harus nebak-nebak di sore syahdu begini. Dingin bo’ otak gue agak lelet kalo dingin…” Chika menjawab dengan asal.

“Arrgghh.. Masa lo gat au sih bedanya, it’s that obvious.” Adhist menjawab. Kemudian melanjutkan kata-katanya.

“Pasangan pertama tuh pasti udah lama pacarannya, kalo pasangan kedua pasti baru deh.” Adhist menjawab dengan yakin.

“Kenapa lo bisa berkesimpulan seperti itu?” Chika mulai tertarik.

“Soalnya pasangan pertama, cowoknya bukain pintu, ngasih dompet ke ceweknya trus bilang ‘Yang biasa yah sayang’, trus dia duduk sambil baca-baca majalah. Sementara pasangan kedua, cowoknya bukain pintu, ikut ngantri dan daritadi mereka berdua ga berhenti senyum-senyum, salting berdua gitu.”

“Duh dhist.. Teori lo tuh ga berdasar banget deh. Kali aja tuh cowok ambeyen, ga bisa diri lama-lama” Chika ilfil mendengar teori tak berdasar Adhist.

“Chika, kalo ambeyen itu malah ga bisa duduk lama-lama. Duh ngapain gue nanggepin kata-kata lo barusan yah…” Adhist menggerutu.

“Hahahahaha karena emang kata-kata gue lebih masuk akal daripada teori lo..”

“Bener kok Chik, kalo pas PDKT atau pertama-pertama pacaran, lo pasti diladenin sama cowok lo. Lama-lama, lo yang ngeladenin dia… Hhahahaah”

“Hahahahahahaha… Bisa aja lo… Tapi kalo dipikir-pikir, bener juga siih…” Chika mengakui teori asal Adhist kali ini.

Speaking of pacaran lama. Kemaren tuh gue sama Febby sempet gosipin lo gitu bo’. Menurut lo, orang pacaran lama karena cinta atau terbiasa?”

“Pertanyaan ga penting lagi, sekarang gue tanya, emang ada yah pacaran ga cinta? Lagipula apa bedanya sih?”

“Ada lah. Ada orang yang cinta karena terbiasa dan terbiasa karena cinta. Contohnya, lo pernah denger cinta lokasi kan? Nah itu salah satu contoh cinta karena terbiasa. Sering ketemu, biasa kerja bareng, akhirnya cinta deh. Kalo terbiasa karena cinta, yah dia terbiasa ada tuh orang di hidupnya karena dia cinta sama orang itu dan mau menjadikan orang itu bagian dari hidupnya… Begituuu…”

“Ah apa bedanya sih dhist.. Pacaran yah cinta, that simple…Kaya artis aja sih, cinta lokasi…”

“Duh bo’ belum tentu cinta lokasi tuh ga survive. Sekarang gini deh, lo pacaran sama Bejo dah 4 tahun, lo cinta atau terbiasa? Ada juga lho yang bertahan padahal ga sadar udah ga cinta, hanya karena terbiasa aja ada tuh orang di hidupnya.”

“Oh itu sih gampang. Karena Bejo sering Bengong Jorok dan mengajari gue gimana caranya Bengong Jorok bareng…” Chika menjawab sambil terbahak.

“Lo tuh yaah, ngeledek gue banget.. Serius dong Chik..”

I’ll take care of you, don’t be sad and don’t be blue. Just count on me, your whole life through and I’ll take care of you. Ponsel Chika berbunyi nyaring.

“Bentar yah dhist, Bejo nelfon nih.” Chika mengangkat telpon, berbicara sebentar kemudian menyudahinya.

“Kenapa? Bejo nyariin lo yah?”

“Iyah, biasa tanya dimana, mau pulang jam berapa.”

“Nah itu kan, lo terbiasa. Menurut lo dia nelfon lo karena terbiasa atau memang bener-bener sayang dan mengkhawatirkan lo, pengen tau keadaan lo dan memastikan lo baik-baik aja ?”

“Duh gak tau yah kalo dia, gue sih sayang sama dia. Dan gue terbiasa ada dia di hidup gue, mudah-mudahan untuk waktu yang lamaaa sekali.” Chika menjawab, mencoba terdengar meyakinkan, walaupun di dalam hatinya bertanya-tanya juga.

“Lo gitu, tapi dia?”

“Udah ah dhist, gue yakin dia sayang juga sama gue. Dan gue sayang banget sama dia. Gue rasa hubungan kita berdasarkan sayang, bukan terbiasa.” Chika menjawab, mencoba mengakhiri sesi pertanyaan yang dimulai oleh Adhist.

“Hmm.. You sound unsure, do you realize that?” Adhist akhirnya mengalah, mencoba menerima penjelasan Chika.

“Dhist, jatuh cinta sama orang tuh gampang tapi menjaga cinta sama seseorang itu yang lebih susah.”

Kemudian mereka berdua terdiam. Menocba menikmati kopi mereka masing-masing. Tiba-tiba Chika mengenggam tangan Adhist erat, matanya terbelalak.

“Dhist, cowok yang barusan masuk ganteng banget, tipe gue banget. Duuh.. Semoga dia duduk deket kita.”

“Hahahahaha gatel banget sih lo, baru aja lo bilang lo sayang banget sama Bejo, sekarang tiba-tiba lo bilang cowo itu tipe lo banget”

“Hehehehehehe” Chika terkekeh, dia membalas perkataan sahabatnya itu sambil mengerlingkan matanya dengan nakal.

Falling in love is easy

but staying in Love is another thing.”