Thursday, January 26, 2006

Barber Shop

Buat lo yang cowok yang sering cukur di Barber Shop atau buat cewek yang sering nemenin cowoknya ke Barber Shop, pasti udah familiar dengan ciri khas Barber Shop. Apakah itu? Itu adalah lampu panjang muter-muter yang berwarna merah putih biru. Pernah kepikiran ga itu warna negara apa dan kira-kira asalnya darimana? Gue juga gak tau sih tadinya, tapi beberapa hari lalu (lagi-lagi) gue dengerin GMHR di Hard Rock FM dan terungkaplah misteri itu.

Jadi begini ceritanya, ternyata warna merah putih biru itu berasal dari lambang negara Perancis. Sebenernya sih, menurut wikipedia, barber shop tuh awalnya bukan berasal dari negara perancis tapi entah kenapa warna itu jadi identik dengan negara perancis.

Yang menarik lainnya adalah bahwa dulunya barber shop itu tempat multi fungsi, selain untuk mencukur rambut atau jenggot, barber shop juga merupakan tempat dokter gigi dan bedah. Aneh kan? Sampai akhirnya berkembang, jadilah fungsi barber shop dipisah-pisah. Barber shop menjadi khusus untuk mencukur rambut, kumis, jenggot, dll. Dan untuk membedakannya, kalau dokter bedah dan gigi pake jubah putih panjang, sedangkan barber shop pake jubah putih yang lebih pendek [entah ini bener atau gak yah =D ]. Lucu yah kalo dipikir-pikir, tukang cukur bisa bedah orang juga.

Warna merah, putih dan biru pada lambang barber shop juga memiliki arti tertentu. Merah melambangkan darah, biru itu urat nadi dan putih adalah perban pembalut. Sesuai dengan fungsi awal barber shop yang juga membedah orang, jadi warna tersebut cukup representative =D hehehe

Well, that’s it, an interesting knowledge about barber shop. You should check it yourself =p