Monday, March 19, 2007

Blogging yang semakin sengsara dgn Blogger

Semenjak Blogger diakusisi oleh Google, Blogger banyak mengalami transisi pelayanan. Hal ini ditandai dengan peluncuran Blogger Beta yang memungkinkan pengguna lama blogger untuk login menggunakan account Google daripada account blogger lamanya. Bagi saya waktu itu, hal ini mungkin merupakan hal bagus sehingga saya memutuskan untuk migrasi dan menggunakan Google account saya untuk login ke blogger. Namun ternyata saya salah, setelah migrasi dan login menggunakan Google account kapanpun saya ingin posting ke blogger membuat saya sengsara karena proses login semakin sulit. Dan sedihnya lagi, saya tidak bisa switch back dan login menggunakan blogger account saya yang lama. Sebenarnya peringatan bahwa migrasi ini tidak dapat dibatalkan sudah diperingatkan dan saya baca sebelumnya, namun saya tidak mengira akibatnya bahwa login ke blogger akan sangat menyusahkan.

Sebenarnya konsep login blogger sekarang yang menggunakan single sign on dan konsep Identity Management ini sangat baik. Konsep IDM atau Idendity Management System merupakan konsep dimana sebuah aplikasi yang berguna untuk menyimpan dan memaintain privilege serta user access sebuah user id untuk berbagai aplikasi. Sehingga setiap aplikasi tidak lagi wajib memiliki database dan login management sendiri, melainkan diurus dan ditangani oleh satu aplikasi yaitu Identity Management. Konsep single sign-on ini sebenarnya baik dan sangat efisien karena hanya dibutuhkan satu user id dan password untuk login ke berbagai aplikasi, dalam kasus ini Google Account untuk login ke blogger, dimana Google Account dapat digunakan untuk login ke Google Mail, Google Reader, Google Calendar, dan Google web based application lainnya. Hal ini sangat membantu baik dari segi user maupun segi pengembang dan maintenance aplikasi. Keuntungan dari segi user ialah ia hanya butuh mengingat satu user id dan password untuk login ke beberapa aplikasi, sementara keuntungan dari segi pengembang dan maintenance aplikasi ialah efisiensi database, coding serta kemudahan maintenance privilege dan user access.

Kerugiannya ialah bahwa setiap aplikasi tidak memiliki wewenang langsung untuk mengakses database user dalam aplikasi IDM tersebut, untuk mengakses data mengenai user, aplikasi IDM menyediakan "pintu" yang lazimnya dinamakan API (Application Programming Interface). Dimana dalam aplikasinya API merupakan sebuah method yang dapat diakses aplikasi lain dimana method tersebut menyediakan data yang dibutuhkan oleh aplikasi. Sayangnya pengaksesan dengan model API ini terkadang memperlambat proses eksekusi perintah dalam aplikasi itu sendiri, hal inilah yang saya curigai terjadi pada Blogger dengan konsep single sign-on menggunakan Google Account. API yang "ditempelkan" pada login Blogger Beta (sekarang sudah Alpha) menjadi menyiksa dan sengsara karena lamanya proses login. Saya seringkali mengalami hal ini. Beruntung bila pengaksesan Internet menggunakan jaringan ber-bandwidth tinggi karena apabila menggunakan dial-up seperti saya, hal ini terasa sangat menyiksa. Biasanya saya akali dengan terlebih dahulu sign in pada Google Mail atau Google Reader, konsep single sign on dan user session yang disimpan di dalam browser sehingga user saya tetap "hidup" pada beberapa windows inilah yang membuat saya tidak perlu login lagi ke blogger, user session yang tersimpan dalam browser membuatnya mem-bypass proses login blogger. Terdengar sangat menyiksa bukan?

Selain kesulitan login, terdapat beberapa hal lain yang menjadikan pelayanan blogger sedikit menurun di mata saya. Perubahan template dari format html menjadi xml yang jelimet, beberapa kali gagal dalam posting karena jsp server error, dan lain lain.

Saya setuju dengan konsep pemikiran para raksasa piranti lunak sekelas Microsoft, Apple, Google, dll yang berbunyi "If you can't make it, buy it", karena membuat perusahaan saingan akan terasa lebih menyakitkan daripada membeli perusahaan yang sudah existing dengan kredibilitas tinggi, tetapi rasanya proses membeli ini harus diikuti dengan pelayanan dan feature yang lebih baik dari sebelumnya bukan malah sebaliknya. Dalam kasus ini, bila blogger masih ingin diperhitungkan dan bersaing dengan saingan terbesarnya saat ini. Atau mungkin, ini saatnya bagi saya untuk pindah rumah yah? :P