Monday, February 27, 2006

JOMBLO the movie

Meskipun ada orang-orang yang ga suka sama film ini, tapi gue suka film ini. Menurut gue, film ini “Indonesia banget”. Gak dibuat-buat dan gak mencoba menampilkan lapisan kehidupan yang sebenernya gak ada. Mungkin tagline ini cocok, film ini gak “mencangkokkan sebuah konsep Amerika dan memaksakan sebuah plot ke sebuah Indonesia”. Menurut gue ada beberapa hal yg selama ini irritating dalam film Indonesia, yaitu:

1. Ceritanya melulu tentang percintaan ABG manja yang kaya raya. Selalu kaya begitu, menampilkan remaja cantik, tajir abis, rumah gede, liburan ke luar negri tinggal minta. Yang kebetulan naksir sama cowok yang sama tajirnya atau malah yang bertolak belakang banget. Persis cerita Cinderella atau Romeo and Juliet. Ciri lain adalah selalu berakhir happy ending.

2. Kurang riset. Kadang gue heran sama film atau sinetron Indonesia. Ada adegan di rumah sakit atau kamar operasi, tapi full makeup. Rambut sasak, bibir bergincu dan pake kuteks… Aneeh… Bener-bener aneh. Coba bandingin deh sama serial ER yang kebanyakan settingnya di ER rumah sakit bule-bule, rasanya ga pernah ada dokter full makeup atau pasien dengan setelan “abis nyanyi dangdut”. Artis di film Indonesia jadi terkesan kurang menjiwai peran dan ketahuan banget bukan dokter beneran, bukan tukang becak beneran atau apalah. Jadi memberi kesan, kurang riset.

3. Kalau yang berlatar horror, hampir setipe semuanya. Nakut-nakutin ga jelas, tapi masih mending yang bawa urban legend, at least masih ada “misi” yang dia bawa dan diangkat ke dalam film. Gak kaya film rumah hantu atau kaca berhantu, yang sabtu kemaren abis gue tonton dan asli gue ga dapet maksud film itu apa. Kecuali si artis cantik yang membawakannya tampil berantakan banget dan (lagi-lagi) orang kaya yang rumahnya segede hotel :D

4. Mengangkat cerita dari lapisan masyarakat yang gak ada. Tagline ini persis kaya yang gue pikirin selama ini tentang film Indonesia, “mencangkokkan sebuah konsep Amerika dan memaksakan sebuah plot ke sebuah Indonesia”. Ada film yang posternya mirip poster film Kill Bill (lupa yg ke 1 atau 2) dan ada juga yang menceritakan tentang orang yang demen dan percaya banget sama ramalan, kartu tarot dan astrologi. Emang beneran ada yah orang-orang yang kaya gitu? Bukannya itu kebanyakan tokoh yang kita tonton di film bule dan gak nyata di negeri kita lantas tiba-tiba ada di dalam film? Kalo yang pasti ada di negeri kita sih yang doyan maen gaple sama congklak, kok gak ada filmnya yah?

Nah atas dasar criteria-kriteria gue diatas akan bagus atau tidaknya sebuah film. Gue menyatakan film JOMBLO bagus dan lucu. Karena menampilkan cerita yang “bener-bener ada”, lapisan masyarakat yang bener-bener “nyata”. Bukan berisikan kumpulan orang-orang atau cerita yang rasanya too good to be true. Cerita film JOMBLO ini lucu, gue suka. Mungkin karena gue udah pernah baca novelnya juga kali yah… Tapi selalu gitu, novel lebih lucu daripada filmnya :D hehehe

Udah gitu, film ini cukup membawa pesan tertentu. Kaya Agus yang memiliki hubungan bermasalah tapi ternyata beres dengan berkomunikasi, inti dari suatu hubungan adalah komunikasi dan jangan lari dari masalah dan kenyataan, kalo ada yang salah jangan kabur, tapi perbaiki. Meski bukan solusi instant, tapi jalan menuju kedewasaan. Dan Lani yang jadi selingkuhan Agus, pesan moralnya adalah, jangan mauuuu diduain cowok. Mungkin cowok itu bilang “Aku lebih sayang sama kamu”, “Kamu lebih cantik daripada pacar aku” atau “Aku akan putusin pacar aku buat kamu”, kenyataannya ga satupun dari hal diatas akan terwujud. Cuma janji manis doaang.. Tepuuuu… :D hehehehe Dan masih banyak lagi pesan-pesan yang disampaikan oleh film ini, yang meski melulu tentang cinta tapi emang cocok sama judulnya, “Sebuah Komedi Cinta”. Pokoknya gue cukup menikmati film ini dan shiro yang nonton film bareng gue dan biasanya sebel banget kalo disuruh nonton film Indonesia dan abis nonton selalu minta ganti duitnya karena merasa rugi [HAHAHAH gak deng, boong.. Gue dibayarin mulu], dia mengatakan film ini lucu dan menikmatinya. Cuma sekitar 3 film Indonesia yang dia suka, Janji Joni, Arisan dan Jomblo. Kita suka film ini, meski ada beberapa percakapan “dangdut” kaya dewi malam dan bidadari embun yang terkesan jayus…

Coba deh baca novelnya, kalo lo baca novelnya, asli bakal nangis terharu di akhir cerita setelah tertawa geli nan jayus di tengah-tengah cerita… :D

Bravo Adhitya Mulya! [Pengarang novelnya, bukan pembuat filmnya, ga nyambung banget yah gueee... :D ]

PS: Referensi dari gue, baca deh novelnya Adhitnya Mulya yang “Jomblo” & “Gege Mengejar [atau Mencari yah? Gue lupa] Cinta”. Kereeen.. Lucuuu….

Udahan aaah.. Boss udah ngeliatin :D